Candy Candy

Rp.30.000,-

Add to Cart:



  • Shipping Weight: 0.12kg

Dialogue : Japanese
Subtitle : Chinese/English/Off
Disc(s) : 6dvd
Episodes : 1-115

Sinopsis

Candy Candy (???????????, Kyandi Kyandi?) adalah manga, novel dan anime yang berasal dari Jepang. Tokoh utama cerita ini adalah Candice "Candy" White Ardlay, seorang gadis Amerika berambut pirang dan ikal dengan wajah berbintik-bintik noda matahari dan mata belok (besar) dengan bola mata berwarna hijau.

Candy Candy muncul pertama kali sebagai prosa novel karangan penulis Jepang Kyoko Mizuki pada bulan April 1975. Mizuki kemudian bekerja sama dengan ilustrator manga Yumiko Igarashi untuk membuat versi manga cerita Candy Candy. Cerita manga ini menarik perhatian majalah Jepang Nakayoshi, yang kemudian memuat serial manga Candy Candy sebagai cerita bersambung selama empat tahun (April 1975 - Maret 1979). Serial manga ini berhasil memenangkan penghargaan pertama Penghargaan Manga Kodansha untuk kategori sh?jo pada tahun 1977. Cerita Candy candy kemudian diadaptasi menjadi serial anime oleh Toei Animation.

Sinopsis

Berdasarkan cerita dari serial komik Candy Candy isi cerita utamanya mengungkapkan kisah perjalanan hidup dan cinta Candy. Cinta pertama Candy adalah tokoh yang bernama Anthony Brown. Tetapi serial Candy akan selalu diingat oleh hampir semua fansnya sebagai kisah cinta yang tragis antara Candy dan cinta sejati dan belahan jiwa Candy, Terrence "Terry" Grandchester. Selain itu, ada tokoh yang selalu disebut-sebut sebagai "Pangeran di Bukit" ("Prince of the Hill"), seorang pemuda misterius yang pernah bertemu dengan Candy di bukit Pony, semasa Candy masih berumur 6 tahun dan tinggal panti asuhan Rumah Pony. Identitas Pemuda ini belakangan terkuak di halaman terakhir komik manga dan di episode terakhir dari serial kartun animasi Candy candy.

Masa kecil

Candy adalah gadis kecil berumur enam tahun, yang tinggal di panti asuhan pimpinan Ibu Pony dan Suster Lane di dekat Danau Michigan. Candy ditemukan oleh mereka ketika masih bayi, bersamaan dengan saat ditemukannya Annie --sahabat erat Candy-- pada suatu hari di musim dingin ketika turun salju. Candy sering bertindak ceroboh dan tidak segan mengadili teman-temannya yang nakal, terutama mereka yang menyakiti Annie. Dia dan Annie memiliki binatang rakun, yang bernama Kurin, yang seterusnya menemani Candy. Suatu hari Annie diadopsi oleh keluarga kaya, Brightons. Ini terjadi setelah Candy menolak diadopsi oleh keluarga Brighton, karena dia tidak ingin berpisah dengan Annie. Setelah diadopsi, Annie diharuskan oleh ibu angkatnya untuk melupakan Candy dan masa lalunya. Dia tidak boleh menyurati Candy lagi, untuk menghindari kemungkinan terbongkarnya identitas Annie yang sebetulnya hanya anak adopsi. Teramat sedih menerima surat Annie yang terakhir, Candy pergi ke tempat favoritnya, Bukit Pony, untuk menangis. Ketika di sana, dia dikejutkan oleh sapaan seorang pemuda remaja, yang berkata: "Gadis kecil, kamu lebih manis kalau tersenyum daripada kalau kamu menangis". Pemuda remaja itu berpakaian baju tradisional Skotlandia dan membawa alat musik tiup khas Skotlandia, bag pipe. Candy terpesona dengan penampilan dan musik yang dimainkan oleh pemuda remaja tersebut. Namun. Candy memberi nama pemuda itu "Pangeran di Bukit dan selalu teringat kepadanya sampai selanjutnya.

Pengalaman tinggal bersama keluarga Leagan dan Ardley

Ketika berusia saat dia kembali setelah berbalik untuk mengejar surat Annie yang ditiup angin, pemuda remaja itu menghilang secara misterius. Candy hanya menemukan sebuah bros berbentuk sayap Elang dengan huruf "A" yang terjatuh dari kostum pemuda tersebut12 tahun, Candy diambil oleh keluarga Leagan untuk jadi teman bermain anak perempuan mereka, Eliza. Namun pada akhirnya Candy dijadikan pembantu oleh mereka dan ditempatkan di kandang kuda. Eliza dan Neal, anak-anak keluarga Leagan, sering menjebak dan berbuat jahat kepada Candy. Ny. Ruth Leagan juga tidak menyukai Candy, tapi Tn. Leagan berbaik hati pada Candy. Sayangnya Tn. Leagan sering berpergian sehingga tidak bisa diandalkan untuk membela Candy. Belakangan Candy bertemu dengan kakak beradik Archibald (Archie) dan Alistair (Stear) Cornwell, dan sepupu mereka, Anthony Brown. Mereka juga masih bersepupu dengan Eliza dan Neal. Mereka termasuk keluarga besar Ardlay (di beberapa negara dikenal dengan Andrew). Ketiga anak laki-laki itu dengan segera terpikat kepada Candy. Candy pun sebaliknya senang bergaul dengan mereka, namun hanya terpikat kepada Anthony, karena Anthony sangat mirip dengan Pangeran di Bukit.

Pada saat Candy bekerja sebagai pembantu di keluarga Leagan, Annie dan ibunya pernah mengunjungi keluarga Leagan. Karena Annie dilarang membuka identitasnya sebagai anak adopsi, Annie berpura-pura tidak kenal dengan Candy. Neal dan Eliza mempergunakan kesempatan untuk mencelakakan Annie ketika berkuda, untuk mengkambinghitamkan Candy. Candy menyelamatkan Annie, tetapi pada akhirnya dihukum oleh Ny. Leagan. Diam-diam Annie mengikatkan pita rambutnya di kandang kuda untuk Candy sebagai terima kasih, namun Eliza menggunakan pita tersebut untuk menuduh Candy mencuri barang dari Annie.

Karena merasa tidak kuat lagi diperlakukan terus menerus tidak adil, Candy melarikan diri dengan perahu di sungai yang membatasi kompleks Leagan dan Ardley. Candy tidak tahu bahwa sungai itu berujung di air terjun. Beruntung dia diselamatkan oleh seorang laki-laki yang berkemah dekat sungai. Laki-laki itu bernama Albert dan mengaku sebagai pengembara yang kebetulan melintasi tempat itu. Semenjak itu Albert selalu muncul bila Candy mengalami kesulitan atau kesedihan. Ketika Leagan memutuskan untuk mengirim Candy sebagai pekerja ke Mexico, juga karena melihat penderitaan Candy selama ini, Archie, Stear and Anthony menulis surat kepada Paman William Ardley, kepala keluarga Ardley. Mereka meminta Paman William untuk mengadopsi Candy. Paman William, yang misterius karena tidak pernah kelihatan, kemudian mengadopsi Candy. Meskipun demikian, Neal, Eliza, dan Nenek Elroy, yang mengepalai keluarga Ardley sehari-hari, tetap tidak menyukai Candy.

Kisah cinta Candy dan Anthony semakin berkembang setelah itu. Candy sempat meceritakan tentang Pangeran di bukit kepada Anthony. Menurut Anthony bros yang ditemukan Candy itu selalu dimiliki oleh anak laki-laki keluarga Ardley. Dan Anthony samar-samar ingat di keluarganya ada seseorang yang pada masa kecilnya sangat mirip dengan Anthony saat ini. Namun belum sempat Anthony menyebutkan namanya, Anthony meninggal karena jatuh dari kuda saat acara berburu yang diadakan untuk memperkenalkan Candy kepada keluarga besar Ardley. Nenek Elroy menyalahkan Candy atas kematian Anthony. Karena patah hati dan berduka atas kematian Anthony Candy lalu pulang ke rumah Pony.

Masa sekolah di Akademi Santo Paul

Ketika Candy di rumah Pony karena berduka, Paman William mengirim asistennya, George, ke rumah Pony. Ia ditugaskan untuk mengirim Candy pergi sekolah ke London, sekaligus untuk melupakan peristiwa kematian Anthony. Archie, Stear, Eliza dan Neal, juga Annie dikirim bersekolah ke sana. Annie pada awalnya masih berpura-pura tidak kenal Candy. Dalam perjalanan menuju London, Candy bertemu pertama kali dengan Terry di atas kapal. Mereka kemudian berjumpa lagi di sekolah akademi St. Paul. Kebetulan mereka menyukai tempat yang sama disekolah untuk menyendiri waktu jam istirahat. Di London Candy bertemu lagi dengan Albert. Albert pun ternyata mengenal Terry, karena Albert pernah menolong Terry dalam suatu pertikaian saat dia keluar tanpa ijin dari asrama. Pada awalnya Terry dan Candy selalu bertengkar bila bertemu. Selain itu Candy selalu menjadi saksi bila Terry sedang mengalami kesedihan dalam hatinya. Lama kelamaan mereka mulai berhubungan baik dan saling menyukai.

Dalam kisah komik manga diceritakan bahwa ketika acara Pesta Kostum dalam Festival Mai St. Paul, Terry bertengkar dengan Candy karena Candy selalu menyebut-nyebut Anthony. Saat itu Terry membawa Candy untuk berkuda, karena Terry tahu Candy masih mengalami trauma dalam hal berkuda sejak kematian Anthony. Dalam kejadian itu Terry mencium Candy untuk pertama kali dan berterus terang bahwa dia menyukai Candy. Diceritakan juga bahwa Annie menyukai Archie, sedangkan pada saat itu Archie juga masih menyukai Candy. Pada suatu insiden setelah pesta kostum, Archie mengetahui hubungan Candy dan Terry. Ketika Archie akan mengungkapkan perasaannya kepada Candy, Annie muncul dan menjadi histeris. Dalam insiden itu identitas Annie sebagai anak adopsi terbuka. Namun sejak itu Annie dan Candy jadi berteman baik kembali, dan Archie lama kelamaan menyukai Annie.

Tetapi dalam versi animasi kartun, diceritakan bahwa insiden antara Archie, Annie dan Candy terjadi sebelum pesta kostum.Hubungan Candy dan Terry juga baru mulai terjalin setelah peristiwa naik kuda dan ciuman pertama semasa Candy menjalani sekolah musim panas dan liburan di Skotlandia. Di sana juga Candy sempat bertemu dengan Ibu Terry, aktris Amerika Eleanor Baker, dan mengetahui kesedihan Terry karena perceraian orang tuanya. Dalam liburan ini, Eliza ternyata juga menaruh hati kepada Terry. Karena iri melihat hubungan mereka, Eliza kemudian membuat jebakan untuk Terry dan Candy di sekolah. Mereka dipancing untuk bertemu di kandang kuda pada malam hari, supaya dipergoki oleh kepala Asrama. Hal ini mengakibatkan Candy dikeluarkan dari sekolah. Sementara Terry hanya dihukum ringan, karena ayah Terry selalu menyokong sekolah. Terry yang pada akhirnya menyadari bahwa Candy selama ini selalu mengalami kesengsaraan, memutuskan untuk melepaskan diri dari bayang-bayang ayahnya dan menggantikan hukuman Candy. Terry kemudian pergi merantau ke Amerika untuk mencari jati dirinya sendiri. Ketika tahu Terry pergi ke Amerika, Candy memutuskan untuk juga tidak bergantung lagi kepada Paman William dan pergi menyusul Terry ke Amerika.

Masa-masa sekolah dan bekerja sebagai suster/perawat

Setelah melalui perjalanan panjang, Candy sampai di Amerika dan kembali ke rumah Pony. Setelah mempertimbangkan nasihat dan saran dari Ibu Pony, Candy memutuskan untuk menjadi perawat dan masuk sekolah perawat di Chicago.

Ketika issue perang semakin menjadi teman-teman Candy juga kembali ke Amerika. Archie dan Stear, juga Neal dan Eliza kemudian tinggal bersama nenek Elroy di kediaman Ardley di Chicago. Mereka juga sering berkumpul bersama Annie dan Patty, sahabat Candy di St. Paul.

Suatu hari Terry, yang memutuskan menjalani minatnya di bidang Teater, datang ke Chicago bersama rombongan Teater tempat dia bekerja. Meski diwarnai dengan insiden-insiden kecil akibat perbuatan Eliza dan Neal, juga Susanna Marlowe, teman Terry yang diam-diam menyukai Terry, Candy sempat berjumpa dengan Terry walau hanya sekilas. Mereka lalu melanjutkan hubungan lewat surat menyurat, karena perbedaan kota yang memisahkan mereka.

Suatu hari ada pasien yang mengalami luka dan hilang ingatan, akibat ledakan kereta di Italia yang dibawa ke rumah sakit tempat Candy bekerja. Candy mengenalinya sebagai Albert dan memutuskan untuk merawatnya. Ketika Albert mulai pulih kesehatannya, dia dilepas oleh rumah sakit. Candy meminta Albert untuk tinggal bersamanya supaya Candy bisa merawat dan menjaga Albert sampai dia pulih ingatannya. Awalnya Albert menolak karena tidak mau merepotkan Candy, yang saat itu dia anggap sebagai orang asing. Tetapi kemudian setuju karena menyadari di dalam perasaan hatinya dia mempercayai Candy. Selanjutnya mereka menjadi sahabat baik dan sangat bahagia tinggal serumah. Archie, Stear, Annie dan Patty juga selalu menolong Candy merawat Albert.

Sementara itu Terry berhasil mendapatkan peran utama sebagai Romeo Montague dalam Romeo dan Juliet karya William Shakespeare. Terry lalu mengundang Candy untuk datang ke New York menghadiri pertunjukan perdananya. Terry mengirimkan tiket perjalanan pergi saja, karena dia sebetulnya bertujuan untuk meminta Candy menikah dan tinggal dengannya. Tetapi dalam acara gladiresik, terjadi kecelakaan, dimana Susanne kehilangan satu kakinya karena berusaha menghindarkan Terry dari timpaan jatuhnya lampu panggung. Ditambah dengan tuntutan ibu Susanne, peristiwa itu menyebabkan Terry merasa bersalah dan bingung. Disatu sisi dia merasa harus bertanggung jawab moral mengurus Susanna yang kehilangan kakinya akibat dia, tetapi Terry tidak cinta pada Susanna melainkan hanya cinta pada Candy.

Pada saat Candy datang ke New York dan mengetahui hal tersebut, Candy memutuskan untuk meninggalkan Terry, karena kasihan pada Susanne dan tidak ingin Terry tersiksa dengan perasaannya. Walaupun berat untuk Terry dan Candy, akhirnya mereka memutuskan berpisah dan berjanji dengan perpisahan ini mereka akan berusaha supaya hidup masing-masing menjadi lebih bahagia.

Dengan patah hati Candy kembali ke Chicago. Disana Candy mendapati bahwa Stear memutuskan untuk bergabung dengan angkatan udara Perancis dalam perang melawan Jerman. Ketika kemudian Stear meninggal dalam peperangan, Albert menjadi satu-satunya penghiburan bagi Candy.

Suatu hari Albert dapat mengingat lagi masa lalunya dan mengetahui siapa dirinya sebenarnya. Namun dia sementara menyembunyikan hal itu dari Candy. Karena dalam hatinya, dia senang tinggal bersama Candy. Sementara itu, Neal mulai menyukai Candy dan berusaha mendapatkannya.

Dalam versi animasi karton diceritakan bahwa Ny. Leagan dan Eliza menentang Neal. Untuk mencegah Neal mengawini Candy, mereka mengupayakan supaya Candy dipecat dari rumah sakit tempat dia bekerja. Sementara dalam versi komik manga, diceritakan bahwa Neal mengetahui bahwa Albert tinggal serumah dengan Candy. Karena cemburu dia melaporkan hal tersebut kepada pimpinan rumah sakit sehingga Candy dipecat dari rumah sakit. Candy kemudian bekerja di sebuah klinik kecil milik Dr. Martin, yang pernah merawat Albert sewaktu mengalami kecelakaan tabrak mobil. Candy yang tidak tahu bahwa Albert sudah pulih ingatannya, juga mulai dirongrong oleh para tetangga, yang mengatakan sering melihat Albert bertemu dengan pria-pria berjas dan berkaca mata hitam tidak dikenal. Mereka takut kalau Albert ternyata Gangster. Supaya tidak semakin merugikan Candy, Albert akhirnya diam-diam memutuskan pergi.

Kisah penutup

Dalam versi komik manga, masih diceritakan bahwa setelah menghilang Albert sempat mengirimkan paket untuk Candy dari Rockston, Illinois. Di sana Candy sempat melihat Terry, yang ternyata meninggalkan Broadway Teater akibat kekecewaan hatinya berpisah dari Candy. Saat itu Terry bekerja sebagai aktor dalam sebuah grup Teater kecil. Dia menjadi pemabuk dan berakting buruk sekali. Namun, dalam temaram ruang pertunjukan dia sempat melihat Candy, dan dari situ ingat kembali akan cita-citanya menjadi aktor yang baik. Sementara dalam versi kartun animasi, Albert bertemu dengan Terry yang sedang bermabuk-mabukan di pub. Albert kemudian mengajak Terry untuk mengunjungi Candy di klinik. Namun hanya dengan melihat Candy dari jauh, Terry teringat kembali janji mereka ketika berpisah, yaitu untuk berusaha melanjutkan hidup masing-masing dengan bahagia. Dia lalu kembali ke New York untuk meneruskan kariernya.

Di Chicago, Candy kembali dirongrong Neal. Eliza dan Ny. Leagan pada akhirnya menyetujui keinginan Neal untuk mengawini Candy, karena berniat mendapatkan kekayaan keluarga Ardley melalui Candy, yang sebagai anak adopsi Paman William pasti akan mendapatkan seluruh kekayaannya. Mereka membujuk nenek Elroy untuk memaksa Candy menikah dengan Neal. Nenek Elroy lalu mengatur pertunangan Candy dan Neal, dan mengatakan bahwa pertunangan itu adalah perintah Paman William.

Candy lalu berusaha mencari Paman William untuk menolak ditunangkan dengan Neal. Pada akhirnya dia berhasil menjumpai Paman William yang ternyata tidak lain adalah Albert. Albert sebenarnya adalah William Albert Ardley, adik dari Rosemary Brown, Ibu Anthony.

Dalam versi komik, Albert muncul dengan dramatis pada acara pertunangan Candy dan Neal untuk membatalkan pertunangan mereka dan sekaligus mengungkapkan identitas dirinya kepada umum. Selama ini identitasnya dirahasiakan karena dia dianggap terlalu muda untuk menjadi kepala keluarga Ardlay.

Di akhir cerita, Candy kembali mengunjungi Rumah Pony. Ketika ia berada di Bukit Pony, tengah menangis karena mengenang Anthony dan Stear, tiba-tiba dia mendengar suara; "Gadis kecil, kamu lebih manis bila tersenyum daripada kalau kamu menangis". Ketika dia menoleh ke arah suara, dia kembali terkejut, karena melihat Albert disana. Saat itu dia baru menyadari bahwa selama ini Albert jugalah Sang Pangeran di Bukit.

Versi anime berakhir dengan adegan di mana semua berkumpul di depan rumah poni untuk makan dan minum bersama.




This product was added to our catalog on Wednesday 22 September, 2010.

Your IP Address is: 54.237.122.241